KONSEP HIDUP SEHAT

Konsep Hidup Sehat adalah filosofi yang penting didalam hidup manusia karena merupakan konsep dasar untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

+ Tubuh setiap individu adalah terdiri dari system organ tubuh
+ System organ tubuh adalah terdiri dari kumpulan organ organ
+ Setiap Organ terbentuk dari kumpulan jaringan jaringan
+ dan setiap Jaringan terbentuk dari pada jutaan SEL.
Tubuh dan kesehatan adalah HOLISTIC (Keseluruhan utuh yang terbentuk dari bagian 2 yang tidak terpisahkan dan saling terkait). Konsep Hidup sehat secara singkat adalah dimulai dari KONSEP SEL SEHAT (pemeliharaan SEL), karena SEL adalah bagian yang terkecil dan paling vital di dalam tubuh.

Sel yang sehat membentuk jaringan yang kuat, jaringan yang kuat membentuk Organ yang Kuat, Organ yang kuat akan menghasilkan System organ yang Sehat, maka Tubuh yang sehat ditentukan oleh SEL yang sehat.

Setiap manusia pernah mengalami “sakit penyakit”. Namun sayangnya tidak semua manusia tahu apa “Mengapa dia bisa sakit ?” Karena bila kita mengetahui “Mengapa bisa sakit?” maka kita mengetahui “Bagaimana supaya tidak sakit”.
Sebenarnya penyebab Manusia menjadi Sakit hanya satu hal yang sangat sederhana, yakni “Lemahnya ANTIBODI”. Antibodi (pertahanan tubuh) adalah serdadu di dalam tubuh kita yang berfungsi melawan musuh yang seperti VIRUS, BAKTERI, KUMAN, PATOGEN, JAMUR, PARASIT, KANKER, dsb, dan menolak serta mengeluarkan semua zat zat yang tidak berguna didalam tubuh kita yang dinamakan TOXIN atau RACUN (detox).
Tubuh manusia terdiri dari 216 macam sel, yang terdiri dari jutaan Jaringan dan sekitar 75 trilyun sel, masing-masing bekerja secara indipenden sehingga membangun Holistic yang sehat.Masing-Masing sel menyesuaikan diri dengan melaksanakan fungsi tertentu. Sebagai contoh, 25 trilyun sel darah merah di dalam tubuh orang dewasa melaksanakan fungsi yang spesifik mengangkut oksigen dari paru-paru kepada sel lain. Tiap-Tiap struktur di dalam tubuh adalah terdiri atas kumpulan sel sel yang berbeda, masing -masing melakukan fungsinya dan mendukung secara keseluruhan sukses atau kegagalan fungsi tubuh.

Setiap sel adalah pabrik-pabrik bahan kimia kecil, mereka memisahkan berbagai unsur-unsur untuk menciptakan energi yang mendukung hidup. Walaupun hasil akhir mereka sering sangat berbeda dari yang lain, tetapi semua sel mempunyai karakteristik yang sama. Sebagai contoh, oksigen bersama dengan karbohidrat, lemak, atau protein melepaskan energi yang diperlukan untuk sel supaya berfungsi.

Dalam semua sel, basis dasar pekerjaannya adalah sama yaitu “merubah zat nutrisi menjadi energi“. Dalam semua sel, sisa metabolisme akan di buang ke dalam cairan disekeliling sel tersebut.
Hampir semua sel mempunyai kemampuan untuk reproduksi diri, dan ketika sel jenis tertentu dibinasakan, maka sel yang lainnya biasanya akan mereplikasi (duplikasi) berulang-ulang sampai kebutuhan terpenuhi (metabolisme).
KESIMPULAN :
TUBUH yang SEHAT pasti memiliki ANTIBODI yang kuat, dan Antibodi yang kuat “hanya” akan terwujud bila “SEL SEL Anda Sehat”.
KONSEP SEL SEHAT
Bagaimana supaya SEL tubuh kita sehat? Tentunya tidak akan sulit (menjadi sederhana) bila anda mempelajari dan memahami apa yang dibutuhkan oleh SEL SEL tubuh anda.
Sifat dan Fungsi sel secara sederhana adalah “Mengkonsumsi Bahan Bakar”, “Menghasilkan Energi”, dan “Membuang Sampah”.
Bila anda tahu bagaimana mendukung komponen yang diperlukan oleh Sel anda, sesuai dengan “KONSEP SEL SEHAT” yang mencakup “Makanan SEL”, “Aktivitas untuk SEL”, “Perlindungan SEL”, “Lingkungan SEL”, “Kesehatan Mental & Sikap” kita secara keseluruhan kepada sel tubuh kita, maka anda akan memelihara keseimbangan hidup dan kesehatan secara sempurna.
MAKANAN SEL
Untuk menyehatkan SEL kita, mereka harus mempunyai makanan murni, segar, dan alami. Makanan yang terbaik adalah makanan mentah, dimana unsur-unsur nutrisi masih utuh secara alami. Makanan mentah bukanlah makanan yang sudah berubah oleh karena pemanasan suhu saat memasak atau proses penambahan atau pengurangan kandungan unsur unsur alami. Makanan atau Nutrisi alami yang bersifat organik bisa kita dapatkan dari Buah Buahan, Sayuran dan Makanan sehari hari yang terpilih.
Karena semua makanan kita telah terkontaminasi dengan bahan seperti racun hama, pupuk kimia, pengawet, penyedap, pewarna, pewangi, pemanis buatan. Maka kita membutuhkan lebih banyak makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin A,C,E, zat besi, seng, magnesium, selenium, dll, sebagai anti racun & radikal bebas.Unsur unsur pokok (bahan bakar) yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari adalah : Karbohidrat, Protein, Vitamin, Mineral, Lemak, Enzim, Air & Serat.

Karena setiap hari kita tidak bisa melakukan menu 4 sehat 5 sempurna, maka 8 unsur pokok diatas tidak mungkin terpenuhi.

Kekurangan salah satu unsur dalam waktu yang lama akan menyebabkan penyakit penyakit tertentu dimasa yang akan datang, misalnya kekurangan zat besi secara bertahun akan menyebabkan anemia, kekurangan mineral kalsium menyebabkan tulang keropos, kekurangan vitamin C menyebabkan gusi berdarah, kekurangan yodium menyebabkan penyakit gondok, dan lain sebagainya.

Untuk itu makanan seperti sayuran dan buah buahan harus senantiasa bervariasi setiap hari sehingga tubuh kita tidak kekurangan zat zat tertentu dalam masa yang panjang.
Hal tersebut bisa terjadi kepada orang orang tertentu yang mungkin tidak menyukai suatu makanan tertentu sepanjang umurnya misalnya jamur atau pisang, kemungkinan dia akan kekurangan zat potassium yang bisa mengakibatkan kelelahan, kram, pembengkakan (edema), tekanan darah tinggi, detak jantung yang tidak normal, bila dia tidak mengkonsumsi makanan pengganti lain yang mengandung Potassium seperti kulitkentang(kentang bakar), melon, semangka, bayam matang, jus tomat, buncis, jagung, jus anggur, dada ayam, dll.
Sebenarnya 8 unsur pokok didalam tubuh kita merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan, karena masing masing akan berfungsi sesuai tugasnya bila bekerja sama dengan zat lainnya.
Misalnya kalau seseorang yang anemia ingin sembuh, dia tidak akan sembuh kalau hanya mengkonsumsi zat besi (Fe)saja. Karena pembentukan sel darah merah memerlukan kerja sama dengan asam folat(folic acid), vitamin C, vitamin B12, dsb. Bila seseorang yang menderita penyakit tulang keropos (osteoporosis) tidak akan sembuh bila hanya mengkonsumsi Kalsium (Ca) bila didalam tubuhnya tidak mengandung, Vitamin D, Boron, Phosfor, Silica, Kolagen dsb. Karna tanpa bantuan Silica & Kolagen bagaikan pasir tanpa semen (tidak bisa di ikat).
Kesimpulannya adalah bila anda mengkonsumsi A tidak mengkonsumsi B maka akan terjadi ketidak sempurnaan dalam proses biokimia didalam tubuh anda, sehingga mengakibatkan sesuatu penyakit di masa yang akan datang.

Untuk menutupi dan memenuhi gizi yang terabaikan didalam tubuh, kita boleh mengkonsumsi supplement atau makanan kesehatan yang berkualitas dan 100% berbahan organik/alami, mempunyai sertifikasi dari Departemen FDA(Food & Drug Administration WHO) / Badan POM, yang sesuai dengan kebutuhan dan standarisasi dosis yang dianjurkan. (RDI=Recomended Daily Intake).

Makanlah makanan dengan perbandingan 80/20:
Basa/ Alkali (sayur & buah) 80% : Asam / Asid (daging & sejenis) 80% sehingga PH tubuh anda seimbang.

Bila makanan kita baik, maka kita sedang menuju ke arah keberhasilan dalam pememeliharaan kesehatan.

AKTIVITAS SEL
SEL kita memerlukan aktifitas latihan untuk tetap sehat. Aktifitas “Olah Raga” memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan kesiagaan mental. Latihan juga memberikan kesehatan yang baik secara menyeluruh pada saat anda mengambil bagian dalam melakukan kegiatan / latihan seperti klub kesehatan, aktivitas olahraga kelompok, jalan santai setelah makan malam , berkebun, dsb.

Riset & studi-studi menunjukkan bahwa latihan teratur membawa anda ke arah kesehatan mental dan phisik yang lebih baik secara keseluruhan meningkatkan kualitas hidup manusia.
Latihan membantu akan membantu kita secara phisik. Bila kita berlatih secara rutin, tubuh akan bekerja lebih efisien – kita gunakan lebih sedikit energi untuk mendapat(kan hasil-hasil lebih baik. Ini tidak hanya berhubungan sampai stamina pergerakan phisik seperti : kita dapat berjalan lebih jauh, berbelanja lebih panjang, bermain dengan lebih enerjik – namun juga sampai perlawanan terhadap penyakit. Ketika kita sudah terlatih, kita bisa menggunaan energi yang lebih baik untuk melawan tekanan pikiran atau penyakit, atau dalam proses penyembuhan. Ini akan mengakibatkan waktu pemuliahan yang lebih cepat, lebih sedikit tekanan, dan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Nutrisi, Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s